4/04/2011

John Connolly : The Book Of The Lost Things

Snow White, Little Red Riding Hood, atau Hansel and Gretel adalah beberapa dongeng anak-anak yang sudah dikenal orang pada umumnya. Namun, dalam bukunya, John Connolly menyajikan dongeng-dongeng dengan cara yang berbeda. Biasanya dongeng punya ending yang bahagia, tapi itu tidak berlaku di sini..

Seorang anak laki-laki bernama David tinggal bersama ayah dan ibunya. David memiliki kegemaran, yaitu membaca buku. Ia sering menghabiskan waktu untuk membaca bersama ibunya, sementara ayah pergi bekerja. Namun suatu saat sang ibu yang memang sudah sakit-sakitan harus pergi. Sejak saat itulah, terjadi keanehan-keanehan pada diri David. Ia yang sangat sedih atas kematian ibunya, merasa bisa mendengarkan buku-buku berbicara.

Ayahnya sudah mencoba mengobatinya, tapi tak ada yang berubah. David bahkan menjadi sering kehilangan kesadaran. Ditambah ayah sudah mendapatkan pengganti ibunya. Wanita itu Rose, pimpinan rumah sakit tempat ibunya dulu dirawat. Bahkan David segera mendapatkan adik dari Rose, yaitu Georgie.



Perang Dunia II membuat keluarga baru itu harus pindah ke tempat yang lebih aman, mereka pindah ke rumah tua milik keluarga Rose. Satu-satunya hal yang mungkin disukai David dari tempat itu adalah kamar barunya yang penuh buku. Menurut Rose, kamar itu dulunya milik kakak ayah Rose bernama Jonathan Tulvey yang hilang bersama adik angkatnya, Anna, ketika masih kecil. Ia tidak suka Rose dan adik barunya, yang menurutnya telah merebut perhatian ayah. Dan ia masih menginginkan ibunya kembali.

Hal-hal ganjil yang terjadi pada David masih terus berlanjut, ia masih mendengarkan bisikan-bisikan buku dan ia merasa sering melihat makhluk aneh, lelaki bungkuk dengan topi bungkuk. Dan pertengkaran-pertengkarannya dengan Rose membuat David dicap buruk. David mulai mendengar suara-suara lain, suara ibunya yang meminta tolong kepada david. Sehingga David yakin bahwa ibunya masih hidup. Ia mengikuti suara ibunya sampai ke sebuah kebun cekung di halaman. Saat itu, sebuah pesawat milik Rusia terbakar dan jatuh di halaman. Entah bagaimana, hal itu membuat David masuk ke dunia lain yang berbahaya.

Di sana ia bertemu dengan seorang tukang kayu yang baik. Dan serigala-serigala yang hampir menjadi manusia -akibat pernikahan dengan Si Gadis Berkerudung Merah- namun belum kehilangan sifat buasnya. Tukang kayu itu melindungi David dari serigala-manusia. Tukang kayu juga memberitahu David bahwa pria bungkuk yang dilihatnya adalah makhluk jahil yang senang menculik anak-anak. Ia meyakinkan David bahwa suara ibunya hanyalah jebakan. Kemudian tukang kayu mencoba membantu David menemukan jalan pulang, dengan mengantar David menemui Raja. Raja itu memiliki Kitab Tentang Yang Telah Hilang yang dapat membantu David.

Di perjalanan untuk menemui Raja itu, David menjumpai berbagai macam rintangan berbahaya dan mengerikan. Selain dikejar-kejar oleh serigala-manusia, mereka bertemu harpy-harpy, troll pembohong dan troll jujur. Namun si tukang kayu yang melindungi David dari serigala-manusia terpaksa tak bisa menemani David lagi, karena hal mengerikan yang menimpa dirinya. David yang sendirian kemudian bertemu Snow White yang sama sekali menyebalkan dan 7 kurcaci bernasib malang. Kemudian ia harus meloloskan diri dari pemburu wanita yang suka bereksperimen -menggabungkan manusia dengan hewan. Sampai ia bertemu dengan Roland, ksatria yang mencintai sahabatnya, Raphael. Dibantu David, Roland dan penduduk desa berhasil mengalahkan monster raksasa yang mengerikan. Roland pun menemani David meneruskan perjalanannya. Hingga Roland terbunuh di kastil Sang Putri Tidur yang ternyata penyihir jahat yang juga membunuh Raphael -penyihir ini juga yang menirukan suara ibu David untuk menariknya. Akhirnya, setelah perjalanan panjang itu, ia bisa bertemu Raja. Yang ternyata menyembunyikan rahasia besar yang menakutkan.

Dan pria bungkuk itu. Makhluk jahil yang menyebabkan kengerian-kengerian ini terjadi. Ia punya tujuan. Dengan terus mendesak David untuk menyebutkan nama adik kecilnya, Georgia.

Selain cerita David, dalam buku ini disisipkan dongeng-dongeng terkenal yang jauh berbeda. Lebih tragis dan kejam. Gadis Berkerudung Merah yang justru menikah dengan serigala -asal muasal serigalamanusia. Hansel dan Gretel, namun slah seorang diantaranya mati. Pangeran palsu yang mati tercabik di dalam gentong penuh paku. Dan Alexander si ksatria yang mati di tangan putri bercadar -menyembunyikan wajahnya yang seperti binatang akibat kutukan.

Benar-benar membuatku tidak bisa tidur..

No comments:

Post a Comment